Menko Darmin : Secara Regulasi, Kini Indonesia Sudah Lebih Baik Dalam Membuka Kesempatan Bagi Investor

foto : istimewa

Pasardana.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengungkapkan bahwa secara regulasi, kini Indonesia sudah lebih baik dalam membuka kesempatan bagi investor untuk berinvestasi di Indonesia.

"Pemerintah telah mengeluarkan paket kebijakan deregulasi dan mengoptimalkan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP)," jelas Darmin di Jakarta, Rabu (8/2/2017).

Menurut Darmin, Pemerintah meyakini kontribusi investasi terhadap pertumbuhan ekonomi akan meningkat perlahan-lahan seiring dengan upaya perbaikan iklim investasi yang terus dilakukan pemerintah.

"Kita terus memperbaiki sehingga efisiensi kita membaik dan investor tertarik. Perlahan-lahan dampaknya mulai terasa," jelasnya.

Terkait efisiensi, dalam waktu dekat Pemerintah segera merilis Paket Kebijakan Ekonomi 15 yang ditargetkan dapat menurunkan angkadwelling time secara berangsur dari rata-rata saat ini 2,9 hari menjadi 2 hari.

Darmin mengatakan, paket deregulasi ke-15 fokus pada bidang logistik bersama dengan Indonesia National Single Window (INSW) dan diharapkan mampu menguraikan waktu inap barang yang saat ini sudah cukup menunjukkan perbaikan.

"Dalam sebulan ini kami akan terbitkan paket ke-15, itu bagian dari soal logistik dan sebagian menyangkut dwelling time. Kami berencana dari waktu saat ini 2,9 hari, diupayakan bisa 2 hari," ujarnya.

Pemerintah sendiri menargetkan pertumbuhan ekonomi pada 2018 mendatang mencapai 6 persen, jauh lebih tinggi dibandingkan realisasi pertumbuhan ekonomi tahun lalu dan target tahun ini 5,1 persen.

Untuk mencapai pertumbuhan ekonomi tinggi tersebut, selain bertopang pada konsumsi rumah tangga, kontribusi investasi juga ditargetkan tumbuh mencapai hingga 8 persen agar mampu mendukung pencapaian target pertumbuhan tersebut.