Volume Transaksi Meningkat, TKIM, KREN dan IIKP Layak Dicermati

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan, Selasa (27/3/2018) ditutup melemah 0,15% di level 6.209,35. Pada saat yang sama, terdapat beberapa saham yang mengalami kenaikan volume transaksi.

Analis Market Pasardana.id, Arief Budiman mengatakan, beberapa saham yang layak dicermati pada perdagangan Rabu (28/3/2018) adalah TKIM, KREN dan IIKP.

“Ketiga saham itu mengalami kenaikan volume transaksi dan membentuk pola transaksi yang menarik,” kata Arief di Jakarta, Selasa (27/3/2018) sore.

TKIM, jelas dia, membentuk bullish candle dengan adanya gap up menggambarkan pergerakan yang sudah positif sejak awal perdagangan dan volume naik cukup signifikan menandakan adanya transaksi cukup besar pada saham TKIM.

“Pergerakan TKIM dalam jangka pendek cukup positif di mana dalam lima hari terakhir saham ini perlahan bergerak naik dan berpotensi menguji resisten pada level 7.125,” jelas dia.

Adapun KREN, menurut Arief, membentuk pola morning star yang menggambarkan pergerakan positif dengan melewati level tertinggi dua hari sebelumnya, dan volume mulai mengalami kenaikan disertai inflow asing senilai Rp 5,78 miliar menandakan adanya sinyal akumulasi pasca koreksi dalam lima hari sebelumnya.

“Stochastic mulai bergerak naik dan keluar dari area jenuh jual mengindikasikan adanya momentum kenaikan,” papar dia.

Sementara IIKP, terang Arief, membentuk bullish candle dengan body sangat besar menandakan adanya kenaikan signifikan dengan bergerak dalam rentang yang lebar dan volume mengalami peningkatan, menandakan adanya aksi pembelian cukup besar.

“Selain itu, MA 5 terlihat golden cross dengan MA 20 mengindikasikan adanya sinyal kenaikan jangka pendek,” tandas Arief.