Bayar Utang, Anak Usaha TBLA Terbitkan Surat Utang Global USD200 Juta

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id -  PT Tunas Baru Lampung Tbk melalui anak usahanya, TBLA International Pte Ltd menerbitkan surat utang berdominasi mata uang asing senilai USD200 juta atau setara Rp2,6 triliun dan terdaftar di bursa New York, Amerika Serikat.

Hal itu tertuang dalam prospektus ringkas emiten agribisnis tersebut pada laman Bursa Efek Indonesia, Jumat (26/1/2018).

Dijelaskan, dana hasil penerbitan surat utang itu akan digunakan untuk pembayaran utang perseroan kepada PT Bank Maybank Indonesia Tbk sebesar Rp500 miliar, PT Bank Mandiri Tbk Rp500 miliar, PT Bank Negara Indonesia Tbk sebesar Rp262,6 miliar dan pembayaran jangka pendek sebesar Rp1,279 triliun. Sedangkan sisanya diperuntukan guna pendanaan interest reserve account.

Sementara itu, perseroan dan anak usaha perseroan bertindak sebagai penjamin surat utang yang berbunga 7%. Selanjutnya, surat utang ini akan jatuh tempo pada tahun 2023.

Dalam penerbitan surat ini, CSLA limited dan Mandiri Securities Pte bertindak sebagai pembeli awal dan kedua pihak itu telah menandatangani perjanjian pembelian kembali dengan anak usaha perseroan yang berbadan hukum di Singapura itu.