XL Axiata Yakin Layanan Data Topang Kinerja

foto: istimewa

Pasardana.id - PT XL Axiata Tbk terus fokus untuk melanjutkan agenda transformasi melalui strategi 3R yang sampai dengan saat ini mulai menunjukkan berbagai hasil yang positif terhadap pencapaian kinerja perusahaan.

Berbagai pencapaian positif tersebut diantaranya adalah layanan data terus bertumbuh, termasuk pula trafik layanan data yang terus mengalami kenaikan karena didorong pertumbuhan yang signifikan dari layanan 4G. Kedepan layanan data diyakini akan terus tumbuh menjadi andalan untuk menopang kinerja perusahaan.

Presiden Direktur/CEO XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan, kinerja kami semakin membaik di semester pertama 2017 ini seiring dengan pertumbuhan layanan data yang terus meningkat dengan signifikan, sehingga kami mampu meraih laba bersih untuk kali pertama.

“Di periode sebelumnya pencapaian laba kami merupakan hasil dari penguatan nilai Rupiah terhadap US Dollar dan juga hasil dari penjualan menara," kata Dian di Jakarta, Kamis (3/8/2017).

Selama kuartal kedua tahun 2017, Pendapatan terus tumbuh menjadi Rp5,7 triliun, dan ini merupakan pertumbuhan yang terjadi secara beruntun dalam 3 kuartal terakhir. Pertumbuhan pendapatan jasa yang kuat ini turut mendorong diraihnya laba bersih sebesar Rp95 miliar, yang merupakan pencapaian laba secara riil, yang artinya murni merupakan dampak dari semakin membaiknya kinerja perseroan. Sementara beban perusahaan mengalami peningkatan sebagai dampak dari pengeluaran investasi, serta gencarnya aktifitas kegiatan promosi penjualan.

Dian menambahkan, sepanjang semester I-2017 perseroan telah meluncurkan sejumlah inisiatif secara menyeluruh pada setiap lini bisnis untuk benar-benar mampu menghadirkan kualitas layanan sesuai dengan ekspektasi pelanggan.

Seiring peningkatan kualitas jaringan data, perseroan juga meluncurkan sejumlah program layanan data yang menawarkan manfaat lebih banyak kepada pelanggan, serta memperkuat penerapan dual brand, XL dan AXIS untuk bisa secara efektif meraih pelanggan yang tepat.

Dian menyebutkan, sesuai dengan komitmen untuk berfokus pada penyediaan layanan data berkualitas, XL Axiata telah membangun 93.507 unit BTS per akhir semester 1 2017, dengan lebih 42.000 unit di antaranya adalah BTS 3G dan hampir 14.000 unit adalah BTS 4G LTE. Sebagai hasilnya, kini wilayah cakupan layanan data terus semakin luas, yaitu total 400 kota/kabupaten terjangkau layanan 3G dan U900, termasuk kota-kota kecil di luar Jawa.

Perluasan jaringan 4G LTE juga berlangsung secara massif. Hingga Juni 2017 sebanyak 288 kota/kabupaten telah terjangkau layanan internet cepat ini, termasuk di antaranya puluhan kota di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Untuk wilayah Jawa, hampir seluruh kota-kabupaten di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, telah terlayani 4G LTE.

Peningkatan kualitas jaringan data yang berkesinambungan tersebut termasuk juga perluasan jaringan 4G LTE, telah mendorong tingkat kenyamanan pelanggan dalam mengakses layanan-layanan data.