Indeks Nikkei Naik 0,12 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo, Jepang, naik 26,66 poin, atau sekitar 0,12 persen, pada Kamis (15/3/2018), menjadi 21.803,95. Sedangkan indeks Topix berakhir datar di angka 1.743,60.

Seperti dilansir Reuters, indeks Nikkei sempat melemah di awal sesi perdagangan hari ini setelah saham perusahaan mesin konstruksi dan pembuat peralatan mesin Jepang melemah terpengaruh kekhawatiran meningkatnya tensi perdagangan global setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump berencana mengenakan cukai yang besar terhadap barang impor dari Tiongkok.

Pemerintah AS berupaya memangkas surplus perdagangan Negeri Panda terhadap Negeri Paman Sam sebesar US$100 miliar.

Para analis menyatakan rencana Trump untuk menekan ekspor dan pengeluaran modal Tiongkok berpotensi mengurangi permintaan akan mesin produksi perusahaan Jepang yang memiliki penjualan tinggi di negara tersebut. Saham Komatsu Ltd dan Hitachi Construction Machinery masing-masing anjlok 1,7 persen dan 3,1 persen. Saham NTN Corporation turun tajam 3,2 persen, sementara saham DMG Mori dan Okuma Corporation masing-masing merosot 1,5 persen.

Indeks Nikkei menjadi semakin tertekan di sesi pagi hari ini setelah sektor perkapalan melorot akibat jatuhnya indeks Baltic Dry seiring turunnya ongkos angkut pengapalan. Saham Mitsui OSK Lines dan Kawasaki Kisen melemah 0,8 persen dan 1,2 persen.

Setelah istirahat makan siang, indeks Nikkei mengalami rebound berkat pembelian ETF (exchange traded funds) oleh Bank of Japan. Sektor ritel menguat, dengan saham FamilyMart dan Marui masing-masing melambung 1,9 persen dan 7,3 persen.

Nilai tukar dolar AS turun 0,3 persen terhadap yen Jepang menjadi 106,01 yen per dolar AS.