Penduduk Muslim Terbesar Tidak Jamin Pasar Syariah Tinggi

foto : istimewa

Pasardana.id - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) heran penetrasi pasar keuangan syariah di Jawa Timur (Jatim) hanya sebesar 4,7%. Padahal, provinsi ini memiliki jumlah penduduk muslim terbesar di Indonesia.

Menyikapi kondisi ini, penetrasi pasar keuangan syariah bakal digenjot menjadi 5%, sehingga ini sebanding dengan perbankan syariah nasional sebesar 5,2%. Caranya, pengetahuan perbankan syariah akan tingkatkan OJK kepada masyarakat di wilayah Jawa Timur.

“Salah satunya, diwujudkan dengan menggagas Buku Kumpulan Khotbah Bisnis dan Keuangan Syariah," kata Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 4 Jawa Timur, Sukamto, dalam acara Diseminasi Buku Khotbah Bisnis / Keuangan Syariah di Pendopo Lokatantra Kabupaten Lamongan, Senin (27/3) lalu.

Buku Kumpulan Khotbah Bisnis dan Keuangan Syariah digagas Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jatim, Asosiasi Dewan Pengawas Syariah Indonesia (ADPAS) Regional Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara.

Buku ini diharapkan menjadi referensi bisnis dan keuangan syariah bagi para dai dan muballigh untuk disampaikan kepada umat.

“Buku ini akan berisikan 52 materi khotbah Jumat," tandas Sukamto.