ANALIS MARKET (13/12/2018) : Secara Teknikal IHSG Hari Ini Berpeluang Menguat

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Kiwoom Sekuritas menyebutkan, diperdagangan kemarin (12/12), indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup naik 38.99 poin (+0.64%) menjadi 6,115. Sektor industri yang mengalami kenaikan terbesar pada sektor industry dasar (+1.68%), properti (+1.51%) sedangkan yang melemah terbesar sektor agrikultur (-01.0%). Sementara investor asing melakukan net sell disemua perdagangan saham sebesar Rp849 milyar.

Riset Kiwoom juga menyebutkan, kabar dibebaskannya petinggi Huawei oleh pengadilan Kanada dengan jaminan sebesar C$ 10 juta menjadi hotline kali ini.

Meskipun telah dibebaskan dengan jaminan, namun tetap berada dalam pengawasan. Pembebasan ini didukung oleh pernyataan Presiden Trump kemarin (12/12) yang menyampaikan bahwa Ia membuka kemungkinan untuk melakukan intervensi atas kasus ini, jika hal ini dapat berpengaruh terhadap keamanan nasional Amerika ataupun perjanjian dagang dengan China.

Karena perjanjian dagang ini pun mungkin merupakan yang terbesar yang pernah ada. Hal ini yang akan menambah angin sejuk ditengah tengah koreksi yang terjadi beberapa hari kemarin.

Namun demikian, kalau kita amati, sebetulnya sentimennya tidak berbeda jauh, itu-itu saja yang terjadi dalam bulan ini.

Oleh sebab itu, kami menilai bahwa focus transaksi masih terjadi di area jangka pendek dan strategi masih di jangka panjang.

Sementara dari Brexit kemarin (12/12) disampaikan bahwa, Perdana Menteri Theresa May akan mengadakan perhitungan suara untuk mosi tidak percaya, dan Theresa May sendiri siap untuk menghadapi perhitungan tersebut dengan segala kemampuan yang Ia miliki.

Puncak sentiment berada pada pertemuan petinggi The Fed pekan depan, namun Presiden Donald Trump kembali mengkritik The Fed. Dalam kritikannya mengatakan akan menjadi kesalahan jika The Fed masih ingin menaikan suku bunga acuannya pada pekan depan.

Ini mungkin akan menjadi sebuah awal atau akhir kenaikkan tingkat suku bunga The Fed pada tahun depan, hal ini patut kita tunggu khususnya dalam statement mereka nanti.

“Dengan sentiment yang berada di pasar, kami melihat secara teknikal indeks IHSG hari ini diprediksi berpeluang menguat dengan support dan resistance di level 6,094 - 6,128,” sebut analis Kiwoom dalam riset yang dirilis Kamis (13/12/2018).