Harga Minyak Dunia Kembali Turun

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia kembali turun pada Jumat (30/11/2018) setelah sempat mengalami rebound pada sesi sebelumnya.

Seperti dilansir Xinhua, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Januari 2019 turun 52 sen menjadi US$50,93 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Januari 2019 merosot 80 sen menjadi US$58,71 per barel di London ICE Futures Exchange.

Baik harga minyak mentah WTI maupun Brent mencatatkan penurunan tertajam dalam satu dekade terakhir pada November, terjun lebih dari 20 persen.

Para trader tetap diliputi kekhawatiran terhadap kebijakan perminyakan global, dengan Menteri Energi Rusia Alexander Novak mengatakan bahwa Rusia akan tetap menjaga tingkat produksi minyak pada 2019 sama dengan tahun ini.

Menurut Novak, tidak tertutup kemungkinan Rusia menyesuaikan produksi. Namun hal itu sangat bergantung kepada kesepakatan yang dicapai antara OPEC (Organization of the Petroleum Exporter Countries) dan negara-negara produsen minyak mentah non-OPEC.

Novak juga menyebutkan bahwa ia akan bertemu dengan Menteri Energi Arab Saudi dalam pertemuan G20 yang berlangsung di Buenos Aires, Argentina, akhir pekan ini, dengan pembahasan tentang produksi minyak menjadi salah satu agenda penting di dalamnya.