Tesla Tunjuk Denholm Sebagai Chairman

foto: istimewa

Pasardana.id - Tesla Inc telah menunjuk Robyn Denholm sebagai chairman perusahaan produsen mobil elektrik tersebut.

Seperti dilansir BBC News, Kamis (9/11/2018), Denholm merupakan CFO perusahaan telekomunikasi Australia Telstra. Denholm menggantikan Elon Musk yang sebelumnya menjabat sebagai chairman dan CEO Tesla. Musk selanjutnya hanya menjadi CEO Tesla.

Musk terpaksa mundur dari jabatan chairman Tesla sebagai bagian kesepakatan penyelesaian tuduhan melakukan penipuan oleh regulator finansial Amerika Serikat. Dalam kesepakatan tersebut, Tesla harus menunjuk chairman yang independen sebagai pengganti Musk.

Sebelumnya berbagai spekulasi bermunculan terkait pengganti Musk sebagai chairman Tesla. James Murdoch yang merupakan direktur independen di dewan direksi Tesla menjadi salah satu nama yang paling diunggulkan menjadi chairman baru Tesla.

Permasalahan Musk dengan regulator finansial AS bermula dari cuitan Musk di akun Twitter miliknya pada Agustus lalu, yang menyebutkan ia telah mendapatkan pendaan untuk membuat Tesla menjadi perusahaan tertutup.

Akibat komentar tersebut, saham Tesla sempat melambung tinggi. Namun beberapa pekan kemudian, Musk menyebutkan rencana untuk membuat Tesla menjadi perusahaan tertutup batal setelah mendapat feedback yang kurang baik dari para pemegang saham.

Otoritas AS kemudian menuduh Musk melakukan penyesatan terhadap para pembeli saham Tesla. Musk dan Tesla masing-masing didenda US$20 juta dan Musk harus melepas jabatan chairman Tesla selama tiga tahun.