Peningkatan Pasokan Global Tekan Harga Minyak Dunia

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia mengalami penurunan pada Kamis (8/11/2018) akibat tekanan peningkatan pasokan minyak mentah global.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember 2018 merosot US$1, atau sekitar 1,6 persen, menjadi US$60,67 per barel di New York Mercantile Exchange, harga terendah sejak 14 Maret.

Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Desember 2018 anjlok US$1,42, atau sekitar 1,97 persen, di London ICE Futures Exchange menjadi US$70,65 per barel, harga terendah sejak pertengahan Agustus lalu.

Pasar berfokus terhadap rekor produksi minyak AS yang mencapai 11,6 juta barel per hari, menjadikan Negeri Paman Sam sebagai produsen minyak mentah terbesar di dunia melampaui Rusia.

Energy Information Administration (EIA) memperkirakan produksi minyak mentah AS akan mencapai 12 juta barel per hari pada 2019. Irak, Uni Emirat Arab, dan Indonesia juga diperkirakan akan mengalami pertumbuhan produksi yang lebih tinggi dari ekspektasi pada tahun depan.

Kekhawatiran akan peningkatan pasokan global menutupi reli yang sempat terjadi di awal perdagangan Kamis setelah data terbaru menunjukkan impor minyak mentah Tiongkok mencapai rekor 9,61 juta barel per hari pada Oktober, melambung 32 persen dari Oktober 2017.

Tiongkok merupakan salah satu negara yang mendapat pengecualian dari sanksi AS terhadap Iran, sehingga dapat melakukan pembelian minyak mentah sebanyak 360 ribu barel per hari dari Iran untuk 180 hari ke depan.