ANALIS MARKET (08/11/2018) : IHSG Diestimasi Bergerak Menguat, Tiga Saham Ini Direkomendasikan Beli

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, indeks harga saham gabungan (IHSG) kembali melanjutkan rally kemarin (07/11), di tengah penguatan nilai tukar rupiah. Pergerakan IHSG juga ditopang oleh sektor konstruksi dan properti. Adapun sector perdagangan yang mengalami Top Gainers, yaitu: Property (+1.90%), Misc. Industry (+1.48%), Trade (+0.61%).

Sementara itu, Bursa AS ditutup menguat lebih dari 2% kemarin (07/11), terkait dengan hasil midterm election yang sesuai prediksi pasar.

Hasil pemilu ini turut menopang kenaikan bursa Eropa, yang juga didorong oleh sektor perbankan, ritel dan konstruksi.

Di sisi lain, bursa Asia ditutup variatif seiring dengan hasil pemilu AS yang tidak akan berdampak signifikan terhadap hubungan dagang AS-Tiongkok.

Lebih lanjut, riset NH Korindo juga menyebutkan, kemarin (07/11), Bank Indonesia merilis cadangan devisa Oktober sebesar US$115,2 miliar, naik dari US$114,9 miliar. Di sisi lain, rupiah mampu menguat signifikan ke posisi 14,590 per dolar.

Kondisi ini telah membuat investor asing kembali membukukan posisi net buy sebesar Rp738 miliar.

Dari global, sentimen positif datang dari hasil pemilu midterm di AS yang memberikan hasil bahwa kekuatan parlemen AS akan terbelah dua antara partai Republik dan Demokrat.

Kondisi ini memberikan indikasi bahwa kebijakan dari Presiden Trump akan mendapatkan tantangan dari parlemen. Di sisi lain, harga minyak global melanjutkan pelemahan setelah produksi AS yang meningkat.

“Menyikapi beberapa factor tersebut diatas, untuk hari ini, kami mengestimasi IHSG bergerak menguat dengan support range 5908-5916 dan resistance range 5982-5992,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam laporan riset yang dirilis Kamis (08/11/2018).

Adapun sebagai rekomendasi saham untuk aksi Trading Buy, riset menyebut: KLBF, ACES, dan ADRO layak untuk dikoleksi diperdagangan hari ini, Kamis (08/11/2018).