Harga Minyak Dunia Alami Penurunan

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia mengalami penurunan pada Selasa (6/11/2018) setelah Amerika Serikat mengizinkan delapan negara importir untuk terus membeli minyak mentah dari Iran untuk 180 hari ke depan meski Negeri Paman Sam telah menjatuhkan sanksi terhadap Iran.

Seperti dilansir Xinhua, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Desember 2018 turun 89 sen menjadi US$62,21 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Desember 2018 merosot US$1,04 menjadi US$72,13 per barel di London ICE Futures Exchange.

Delapan negara importir tersebut mengimpor 80 persen minyak mentah produksi Iran tahun lalu. Menurut para analis, izin impor minyak mentah Iran bagi negara-negara tersebut menurunkan tingkat volatilitas di pasar minyak global.

Namun kekhawatiran terhadap pasokan berlebih dari negara produsen utama tetap ada, karena Rusia, AS, dan Arab Saudi secara total memproduksi lebih dari 33 juta barel per hari untuk pertama kalinya pada Oktober. Jumlah tersebut kurang lebih sepertiga konsumsi minyak mentah dunia.