Khazanah Lepah 16 Persen Saham IHH ke Mitsui

foto: istimewa

Pasardana.id - Badan pengelola dana kekayaan negara Malaysia, Khazanah Nasional Bhd, pada Kamis (29/11/2018) mengumumkan telah melepas 16 persen saham IHH Healthcare ke perusahaan konglomerat Jepang Mitsui & Co, Ltd untuk memperoleh dana sebesar 8,42 triliun ringgit, atau sekitar US$2,01 miliar (Rp28,84 triliun), menandai dimulainya restrukturisasi portofolio saham Khazanah.

Dalam pernyataan yang dirilis Khazanah, disebutkan bahwa Khazanah telah mencapai kesepakatan dengan Mitsui untuk mendivestasikan 1,4 miliar saham yang dimilikinya di IHH dengan harga 6 ringgit per saham. Dengan berlangsungnya divestasi, kepemilikan saham Khazanah di IHH hanya tersisa 26,05 persen.

“Transaksi ini menjadi bagian penting restrukturisasi portofolio Khazanah. Hasil penjualan saham akan digunakan untuk investasi baru dan kebutuhan permodalan,” demikian disebutkan dalam pernyataan Khazanah, seperti dikutip Xinhua.

IHH Healthcare merupakan penyedia layanan perawatan kesehatan terintegrasi premium yang beroperasi di Malaysia, Singapura, Turki, dan India, salah satu perusahaan penyedia layanan perawatan kesehatan yang terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar.

Meski terjadi penjualan saham, Khazanah tetap akan menjadi pemegang saham IHH yang signifikan, dengan representasi di dewan direksi IHH.

Transaksi penjualan saham diperkirakan akan tuntas seluruhnya pada kuartal pertama tahun depan.