Harga Minyak Dunia Naik Seiring Berlangsungnya Cyber Monday

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia naik pada Senin (26/11/2018) seiring berlangsungnya Cyber Monday di Amerika Serikat.

Seperti dilansir Xinhua, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Januari 2019 naik US$1,21 menjadi US$51,63 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Januari 2019 meningkat US$1,68 menjadi US$60,48 per barel di London ICE Futures Exchange.

Harga minyak dunia naik mengikuti pergerakan positif pasar saham seiring berlangsungnya Cyber Monday yang merupakan event hari belanja online terbesar di Negeri Paman Sam.

Harga juga terpengaruh ekspektasi para trader bahwa OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) akan mencapai kesepakatan pengurangan pasokan bersama negara-negara produsen non-OPEC dalam pertemuan pada 6 Desember mendatang.

Goldman Sachs dalam laporan yang dirilis Senin menyebutkan bahwa pengurangan pasokan terutama akan mendukung peningkatan harga minyak mentah Brent.

Pertemuan G-20, menurut Goldman Sachs, yang berlangsung di Buenos Aries, Argentina, pada 30 November sampai 1 Desember mendatang disinyalir akan menjadi katalis terjadinya rebound harga komoditas dan meredanya ketegangan AS-Tiongkok di bidang perdagangan.