ANALIS MARKET (18/10/2018) : IHSG Diestimasi Masih Mampu Melanjutkan Penguatan

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, indeks harga saham gabungan (IHSG) berhasil melanjutkan rally kemarin (17/10), ditopang oleh sektor telekomunikasi dan keuangan. Pasar merespons positif pertumbuhan pendapatan negara hingga September yang lebih tinggi dari pertumbuhan belanja negara. Adapun sektor perdagangan yang mengalami Top Gainers, yaitu: Infrastructure (+2.71%), Basic Industry (+1.67%), Agriculture (+1.53%).

Sementara itu, Bursa AS ditutup turun tipis kemarin (17/10) terkait pernyataan The Fed yang bernada hawkish. Bursa Eropa bergerak turun ditekan oleh rilis data penjualan mobil September yang menurun sebesar 23,4%. Selain itu, investor Eropa juga mencermati jalannya perundingan antara Inggris dan Uni Eropa. Di sisi lain, bursa Asia bergerak naik menyusul penguatan bursa AS malam sebelumnya.

"Untuk hari ini, kami mengestimasi IHSG masih mampu melanjutkan penguatan dengan support range 5824-5833 dan resistance range 5909-5922," sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam laporan riset yang dirilis Kamis (18/10/2018).

Riset juga menyebutkan, pasar pada hari ini diperkirakan masih akan fokus terhadap rilis kinerja keuangan perusahaan pada 3Q18. Dari rilis kinerja BMRI kemarin (17/10) terlihat bahwa akselerasi pertumbuhan kredit masih terjadi. Hal ini mengindikasikan bahwa kondisi ekonomi pada 3Q18 masih cukup kuat.

Di sisi lain sentimen negatif datang dari global terkait rilis risalah rapat The Fed yang terakhir. The Fed tetap yakin bahwa pengetatan moneter harus dilakukan demi menjaga ekonomi tetap stabil. Namun respon pasar global terhadap sentimen ini tidak signifikan. Bursa AS dan Asia hanya bergerak melemah tipis.

Sedangkan sebagai rekomendasi saham untuk aksi Trading Buy, riset menyebut: SCMA, ANTM, dan LSIP layak untuk dikoleksi diperdagangan hari ini, Kamis (18/10/2018).