Laba Kuartal IV Samsung Diperkirakan Meningkat 64 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Laba operasional kuartal IV 2017 raksasa elektronik Korea Selatan Samsung Electronics Co Ltd diperkirakan akan mengalami peningkatan 64 persen year-on-year hingga mencapai 15,1 triliun won atau sekitar US$14,1 miliar (Rp189,35 triliun). Jumlah tersebut sedikit di bawah estimasi para analis sebesar 15,9 triliun won.  

Meski capaian laba 15,1 triliun won pada kuartal IV akan membuat laba tahunan Samsung pada 2017 mencapai rekor, namun saham perusahaan tersebut tetap turun lebih dari 1,5 persen pada perdagangan Selasa (9/1/2018) di Bursa Efek Korea dengan adanya keraguan terhadap kondisi pasar chip memori dan ponsel pintar.

“Dampak perubahan nilai tukar mata uang dan pemberian bonus kepada karyawan tampaknya menjadi alasan utama tidak tercapainya estimasi laba kuartal IV Samsung, namun penjualan ponsel pintar juga akan lebih rendah dari ekspektasi,” kata Song Myung-Sup, analis HI Investment & Securities, seperti dikutip Reuters.

“Penjualan Apple dan perusahaan-perusahaan Tiongkok pun tak terlalu baik, sehingga secara keseluruhan permintaan akan ponsel pintar terus mengalami penurunan,” ungkap Myung-Sup lebih lanjut.

Penguatan won dan tingginya bonus akhir tahun yang diberikan kepada para karyawan mengurangi laba kuartal IV Samsung sebesar 800 sampai 900 miliar won. Meski demikian, laba operasional tahunan Samsung pada 2017 diperkirakan mencapai 53,6 triliun won, hampir dua kali lipat dari 2016.