Saham Mothercare Anjlok 25 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Saham Mothercare plc anjlok 25 persen pada Senin (8/1/2018) setelah perusahaan ritel Inggris tersebut mengumumkan perkiraan terjadinya penurunan perolehan laba tahunan yang substansial.

Seperti dilansir BBC News, penurunan laba disebabkan merosotnya penjualan pada masa libur Natal yang lalu. Penjualan Mothercare melalui toko ritel pada masa tersebut turun 7,2 persen year-on-year, sedangkan penjualan online merosot 6,9 persen.

Mothercare menyebutkan telah mengurangi jumlah toko ritel secara total dan memberikan diskon besar dalam penjualan akhir tahun. Laba tahunan diperkirakan akan hanya mencapai kisaran 1 sampai 5 juta pound sterling, dari sebelumnya di kisaran 10 juta pound.

CEO Mothercare Mark Newton-Jones menyebut telah terjadi penurunan pembeli produk Mothercare di Inggris, baik secara offline maupun online. Penjualan online mencakup 42 persen total penjualan Mothercare di Negeri Ratu Elizabeth. Sedangkan penjualan Mothercare secara internasional turun 3 persen year-on-year.