Kodak Luncurkan Mata Uang Digital

foto: istimewa

Pasardana.id - Saham perusahaan teknologi Amerika Serikat Eastman Kodak Company meroket 117,60 persen pada Selasa (9/1/2018) di Bursa Efek New York, AS, setelah meluncurkan mata uang digital buatannya, KodakCoin, yang ditujukan kepada para fotografer profesional. KodakCoin akan memberdayakan fotografer dan agensi untuk mengambil kendali lebih besar dalam pengelolaan hak gambar.

Seperti dilaporkan BBC News, perusahaan yang sebelumnya dikenal dunia sebagai produsen perlengkapan fotografi tersebut bekerjasama dengan Wenn Media Group yang berpusat di London dalam melakukan initial coin offering (ICO).

Kodak juga mengungkap rencana untuk menempatkan peralatan penambangan Bitcoin di kantor pusatnya di Rochester, New York. Peralatan tersebut yang diberi nama Kodak KashMiner membuat konsumen dapat menyewa kapasitas menambang Bitcoin dengan membayar di muka.

Kodak sempat terpuruk setelah lambat beralih ke fotografi digital, yang membuat perusahaan tersebut mengajukan perlindungan pailit kepada Pengadilan Negeri New York pada awal 2012 lalu. Setelah melakukan penjualan berbagai aset, Kodak keluar dari status perlindungan pailit pada Agustus 2013.

.