Rovio Entertainment Bersiap Lakukan IPO

foto: istimewa

Pasardana.id - Perusahaan pengembang game asal Finlandia Rovio Entertainment, yang dikenal dunia lewat game Angry Birds ciptaannya, pada Selasa (5/9/2017) mengumumkan rencana untuk melakukan IPO (initial public offering) dengan mengadakan listing saham perusahaan di Bursa Efek Helsinki.

Rovio akan menerbitkan saham senilai 30 juta euro, atau sekitar US$36 juta, dalam IPO tersebut. Saham-saham yang diterbitkan diperkirakan akan ditawarkan kepada investor individu maupun kelembagaan di Finlandia, Swedia, dan Denmark, selain juga investor institusi di Finlandia maupun global.

IPO dilakukan agar Rovio dapat semakin gencar mengembangkan diri dengan memperoleh modal dan memperluas kepemilikan perusahaan. IPO juga dapat memperkuat brand perusahaan sehingga meningkatkan daya saing.

“IPO dan listing adalah langkah besar dalam mengembangkan Rovio menjadi perusahaan pengembang game yang kompetitif,†kata Kati Levo, CEO Rovio, kepada Xinhua.

Carnegie Bank cabang Finlandia dan Danske Bank cabang Helsinki akan menjadi koordinator global bersama IPO. Sedangkan Deutsche Bank cabang London dan OP Corporate Bank of Finland akan menjadi underwriter utama bersama IPO.

Rovio tidak menyebutkan secara spesifik waktu dilakukannya listing dan nilai perusahaan. Spekulasi yang beredar menyebut nilai perusahaan Rovio berada di kisaran US$2 miliar.