BEI Bakal Pastikan Pemegang Saham Pengendali META

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Bursa Efek Indonesia ( BEI) akan memastikan pemegang saham pengendali PT Nusantara Infrastruktur Tbk (META), setelah PT Matahari Kapital Indonesia (MKI) menguasai 43% kepemilikan saham META. Hal itu penting, Jika MKI menjadi pemegang saham pengendali (PSP) maka harus melakukan penawaran wajib atau tender offer.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Samsul Hidayat mengatakan, bursa akan memastikan siapa yang menjadi PSP META saat ini dan jika MKI telah menjadi PSP maka diwajibakan melakukan tender offer.

“Itu di cek, kalau terjadi perubahan PSP maka harus mengikuti peraturan tender offer OJK (Otoritas Jasa Keuangan)," ujar Samsul di Jakarta, Kamis (28/9/2017).

Ia menjelaskan, setiap perubahan PSP pada perusahaan terbuka maka akan mewajibkan PSP baru untuk menawarkan saham yang tersisa dibeli oleh investor lainnya. Tetapi PSP baru META masih diberi waktu untuk melakukan tender offer.

“Nanti ada proses lagi, seperti BRAU (PT Borneo Coal Energy Tbk) kan lama sekali baru tender offer," kata dia.

Seperti diketahui, MKI per tanggal 11 September 2017 membeli 3,4 miliar saham atau setara 22% dari total saham META yang dimiliki dan pada tanggal 12 September 2017, PT Hijau Makmur Sejahtera menjual 3,2 miliar atau setara 21% dari total saham META yang dimilikinya kepada MKI.

Dengan demikian, MKI menguasai 6,6 miliar saham atau 43% kepemilikan META, sedangkan 57% saham dimiliki oleh pemegang saham publik.

Namun demikian, manajemen META menilai transaksi itu tidak menyebabkan perubahan PSP dan MKI tidak perlu melakukan tender offer investor publik.