ANALIS : Pasar Obligasi Berpotensi Flat Hingga Variatif

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id †Riset harian Indo Mitra Sekuritas menyebutkan, pagi ini pasar obligasi diperkirakan akan dibuka melemah dengan potensi flat hingga variatif.

Menurut Maximilianus Nico Demus, Head of Research Division PT Indo Mitra Sekuritas, penguatan yang terjadi diperdagangan Selasa (01/8) kemarin juga belum terkonfirmasi sepenuhnya. Oleh sebab itu dibutuhkan kehati-hatian dalam melihat penguatan kali ini.

“Konfirmasi penguatan baru terlihat oleh obligasi berdurasi 5 tahun, itupun belum sepenuhnya confirm. Cermati untuk obligasi berdurasi 10 tahun, namun untuk obligasi berdurasi 15 tahun dan 20 tahun masih dalam tahap pelemahan,†terang Nico kepada Pasardana.id, di Jakarta, Rabu (02/8/2017).

Ditambahkan, sentimen positif inflasi rendah yang muncul kemarin menjadi salah satu dorongan penguatan, namun hal ini masih belum dikatakan cukup untuk mendorong obligasi untuk menguat.

Dorongan berikutnya adalah dirilisnya laporan keuangan di zona Eropa yang hampir 60% memenuhi atau melebihi ekspektasi analis. Tentu hal ini akan menjadi sesuatu yang positif Karena mendorong perekonomian negara negara di Eropa.

“Kami meromendasikan hold hari ini untuk obligasi berdurasi 5 tahun dan 10 tahun, cermati beberapa pergerakan obligasi hari ini yang akan menjadi arah bagi pergerakan obligasi pada sesi ke 2. Rekomendasi jual bagi obligasi berdurasi 15 tahun dan 20 tahun,†tandas Nico.