Akibat Topan Irma, Hyundai dan Kia Hentikan Operasional Pabrik di AS

foto: istimewa

Pasardana.id - Perusahaan otomotif Korea Selatan Hyundai Motor Co dan Kia Motor Corp pada Senin (11/9/2017) menyatakan akan menghentikan sementara operasional pabrik di Amerika Serikat sebagai antisipasi terjangan Topan Irma.

Seperti diwartakan Reuters, Hyundai Motor akan menghentikan operasional pabrik di Alabama selama dua hari. Sedangkan Kia Motors menghentikan operasional pabrik di Georgia selama sehari.

Penghentian operasional pabrik akan menyebabkan tidak terproduksinya 3.000 kendaraan oleh Hyundai Motor dan Kia Motors.

Topan Irma mengarah ke Florida pada Senin seiring meninggalkan jejak kehancuran di daerah-daerah yang dilewatinya, menyebabkan kehancuran rumah-rumah dan jalanan tergenangi air.

Penjualan mobil Hyundai di AS turun sekitar 11 persen tahun ini sampai 31 Juli lalu, jauh lebih curam dari penurunan penjualan mobil dan truk secara keseluruhan di AS sebesar 2,9 persen.

Penjualan Sonata yang tadinya merupakan mobil andalan Hyundai di pasar otomotif Negeri Paman Sam anjlok 30 persen dalam tujuh bulan pertama 2017. Sebaliknya, penjualan unit SUV Hyundai naik 11 persen pada tujuh bulan pertama tahun ini.