Samsung Siap Investasi US$18,6 Miliar di Korea Selatan

foto: istimewa

Pasardana.id - Samsung Electronics Co Ltd menyatakan pada Selasa (4/7/2017) tentang kesiapan perusahaan chaebol tersebut untuk melakukan investasi senilai US$18,6 miliar di Korea Selatan untuk mengembangkan teknologi chip memori dan layar ponsel pintar generasi berikutnya. Investasi yang dilakukan akan menciptakan setengah juta lapangan pekerjaan baru.

Investasi yang dilakukan Samsung menjadi jawaban akan permintaan Presiden Korsel Moon Jae-In terhadap perusahaan chaebol di negara tersebut untuk melakukan penanaman modal yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru.

“Samsung menjadi lebih agresif dalam investasi domestik dikarenakan iklim politik saat ini," ucap Park Ju-Gun, kepala analisis korporasi CEO Score, seperti dikutip Reuters.

Menurut Park, Samsung juga menjadi memiliki keharusan berinvestasi di negeri sendiri setelah mengumumkan pembangunan pabrik baru dengan dana sebesar US$380 juta di Amerika Serikat.

Melalui investasi pengembangan teknologi chip memori, Samsung yang merupakan perusahaan konglomerasi ketiga terbesar di Asia diperkirakan akan meraih peningkatan laba tahunan.

Samsung secara rutin melakukan investasi sebesar US$10 miliar untuk pengembangan teknologi chip memori setiap tahunnya, sehingga dapat menjaga keunggulan atas perusahaan rival senegara SK Hynix Inc dan perusahaan Jepang Toshiba Corp.