Aktivitas Pabrik di Eropa Mencapai Laju Tercepat dalam Enam Tahun Terakhir

foto: istimewa

Pasardana.id - Pabrik-pabrik di penjuru Eropa mengakhiri semester pertama 2017 dengan peningkatan aktivitas yang mencapai laju tercepat dalam enam tahun terakhir setelah peningkatan harga-harga tak membuat pesanan menurun, menurut hasil survei yang dirilis pada Senin (3/7/2017).

Indeks manajer pembelian manufaktur HIS Markit untuk zona Eropa meningkat 57,4 pada Juni lalu, meningkat dari 57,0 pada Mei dan lebih tinggi dari perkiraan 57,3. Angka 57,4 yang tercapai merupakan yang tertinggi sejak April 2011 dan jauh di atas angka 50 yang membedakan pertumbuhan dengan kontraksi.

Indeks yang mengukur produksi, yang menjadi acuan indeks komposit manajer pembelian yang akan dirilis Rabu (5/7/2017), meningkat menjadi 58,7, angka tertinggi sejak enam tahun lalu, dari 58,3.

“Pertumbuhan manufaktur zona Eropa meraih momentum lanjutan pada Juni, menghasilkan kuartal terbaik dalam enam tahun terakhir,†kata Chris Williamson, kepala ekonom IHS Markit, seperti dikutip Reuters.

Momentum terlihat akan berlanjut ke semester dua, dengan tingkat pesanan baru meningkat dalam laju tercepat sejak awal 2011, pesanan yang belum terselesaikan terus meningkat, sedangkan bahan mentah habis dalam waktu yang sangat singkat.  Indeks produksi masa mendatang mencapai 67,4, tertinggi sepanjang sejarah.

“Tak ada indikasi kondisi saat ini akan berakhir dalam waktu dekat. Sektor manufaktur jelas berada dalam kondisi ekspansi dan terlihat akan tumbuh dengan pesat dalam beberapa bulan ke depan,†jelas Williamson.

Pertumbuhan manufaktur zona Eropa terjadi seiring peningkatan harga-harga produk yang dihasilkan pabrik, yang telah terjadi selama sembilan bulan terakhir. Peningkatan harga mendukung upaya European Central Bank yang berupaya meningkatan tingkat inflasi mencapai 2 persen. Inflasi bulan Juni baru mencapai 1,3 persen.