IMF Revisi Perkiraan Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok

foto: istimewa

Pasardana.id - Dalam laporan yang dirilis pada Senin (24/7/2017), International Monetary Fund (IMF) merevisi perkiraan pertumbuhan ekonomi Tiongkok untuk tahun ini menjadi 6,7 persen.

Seperti dilaporkan Xinhua, revisi yang dilakukan merefleksi pertumbuhan kuartal pertama 2017 Tiongkok yang solid dan pertumbuhan yang lebih tinggi dari perkiraan pada kuartal kedua yang disebabkan pelonggaran kebijakan yang dilakukan pemerintah Negeri Panda dan reformasi sektor industri.

IMF juga melakukan revisi terhadap perkiraan pertumbuhan ekonomi Tiongkok pada 2018, naik 0,2 persen menjadi 6,4 persen. Peningkatan disebabkan Tiongkok diperkirakan akan mempertahankan investasi terhadap layanan kesehatan dan pendidikan dan menunda penyesuaian fiskal untuk mencapai target GDP dua kali lipat dari 2010 pada 2020.

Namun IMF juga mengingatkan pertumbuhan pinjaman yang tinggi dapat menyebabkan meningkatnya downside risk terhadap pertumbuhan jangka menengah Tiongkok.

Sebelumnya revisi telah dilakukan oleh IMF terkait pertumbuhan GDP Tiongkok pada Apri lalu. Saat itu GDP Tiongkok diperkirakan mencapai 6,6 persen dan 6,2 persen pada 2017 dan 2018. Angka perkiraan tersebut lebih tinggi 0,1 persen dan 0,2 persen dari perkiraan pada Januari.

Tiongkok sendiri telah menetapkan target pertumbuhan 2017 sekitar 6,5 persen. Pada 2016 lalu, tingkat pertumbuhan negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia tersebut mencapai 6,7 persen.