Telah Cuan, Asing Pindahkan Portofolio Investasi ke Surat Utang Senilai Rp11 Triliun

foto : istimewa

Pasardana.id - Sepanjang tahun ini, investor asing tercatat beli bersih Rp20 triliun, namun maraknya aksi jual asing akhir-akhir ini maka beli bersih hanya tersisa Rp9 Triliun.

Hal itu lebih disebabkan Manajer Invetasi asing melakukan aksi jual setelah mencatatkan cuan dan memindahkan portofolio investasi dari efek bersifat ekuitas ke efek bersifat utang.

Hal itu disampaikan Direktur PT Investa saran Mandiri, Hans Kwee di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (21/7/2017).

"Pertama, mereka melakukan setelah profit taking (aksi ambil untung) dan memindahkan portofolio investasinya ke bond," ujar dia.

Lebih lanjut ia menjelaskan, langkah investor asing itu tak lain sebagai bagian dari mitigasi risiko investasi dalam menyikapi kondisi politik dan kebijakan ekonomi Amerika Serikat (AS). Dengan langkah itu, maka akan menurunkan profil risiko investasi mereka.

“Sekarang pasar mulai pesimis dengan kebijakan Presiden AS Donald Trump. Itu yang jadi masalah, sehingga dollar melemah terhadap mata uang asing utama lainnya," kata dia.

Ditambahkan, dengan maraknya aksi jual asing maka akan menekan indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Sebab, komposisi kepemilikan asing pada portofolio efek bersifat ekuitas lebih dari 50%.

“Indeks akan rebound kalau aksi jual asing mulai mereda," tandas dia.