Yellen Sebut Peningkatan Suku Bunga The Fed Secara Bertahap Akan Terus Berlanjut

foto: istimewa

Pasardana.id - Pimpinan Federal Reserve Amerika Serikat Janet Yellen mengatakan Rabu (12/7/2017) bahwa bank sentral AS akan terus menaikkan suku bunga secara bertahap dan mengecilkan neraca keuangan tahun ini, sekaligus juga memantau inflasi secara ketat.

"Komite (Pasar Terbuka Federal) terus berharap bahwa evolusi ekonomi akan menyebabkan kenaikan bertahap dalam suku bunga federal dari waktu ke waktu untuk mencapai dan mempertahankan lapangan kerja maksimum dan harga stabil," kata Yellen dalam pidato di hadapan Kongres AS, seperti dikutip Xinhua.

Menurut Yellen, suku bunga acuan mungkin tidak jauh dari posisi netral ketika perekonomian mencapai kondisi full employment, berjalan sejalan dengan pertumbuhan tren, dan diwarnai dengan tingkat harga yang stabil.

"Karena tingkat netral saat ini cukup rendah menurut standar historis, suku bunga federal tidak perlu lagi naik sedemikian jauh untuk mencapai posisi kebijakan netral," ucapnya.

Sebagai bagian dari proses normalisasi kebijakan moneter, The Fed akan mengecilkan neraca keuangannya yang saat ini telah mencapai US$4,5 triliun. Dalam pertemuan pada bulan Juni, The Fed telah menerangkan dengan rinci rencana untuk melakukan pengurangan anggaran.

"Asalkan ekonomi berkembang secara luas seperti yang diantisipasi, kemungkinan besar program penghematan akan diterapkan tahun ini," kata Yellen.

Yellen memperkirakan perekonomian AS akan terus berkembang dengan laju moderat selama beberapa tahun ke depan, dengan pertambahan lapangan pekerjaan yang stabil akan mendukung pertumbuhan pendapatan dan juga belanja konsumen.

Prospek pertumbuhan global yang membaik akan mendukung ekspor AS dan kondisi finansial yang positif akan terus mendukung terjadinya investasi bisnis.

Namun, Yellen juga menyebut inflasi sebagai salah satu ketidakpastian yang harus dihadapi kedepannya. "Misalnya, ketidakpastian kapan dan bagaimana inflasi akan merespon pengetatan pemanfaatan sumber daya," kata Yellen.

Lebih lanjut Yellen mengatakan bahwa bank sentral AS akan memantau perkembangan inflasi secara ketat di bulan-bulan mendatang.

Inflasi di AS telah melunak dalam beberapa bulan terakhir, yang memicu pembicaraan tentang laju dan pemilihan waktu kenaikan suku bunga di masa depan di antara pejabat The Fed.

Anggota Dewan Gubernur The Fed Lael Brainard mengatakan pada Selasa (11/7/2017) bahwa dia akan melakukan penilaian proses inflasi secara ketat sebelum membuat keputusan mengenai kenaikan suku bunga lebih lanjut.