ANALIS : Dihantui Sentimen Negatif Melebarnya Defisit Transaksi Berjalan, Hari Ini Pasar Obligasi Berpotensi Menguat

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Riset harian Indo Mitra Sekuritas menyebutkan, pagi ini pasar obligasi diperkirakan akan dibuka menguat dengan potensi menguat.

Namun tetap hati-hati, lelang hari ini akan memberikan arah bagi pasar obligasi.

“Obligasi acuan semua berpotensi menguat hari ini setelah beberapa hari sebelumnya melemah. Tentu, yang diharapkan adalah kenaikkan harga yang lebih tinggi dibandingkan sebelumnya,” jelas Maximilianus Nico Demus, Head of Research Division PT Indo Mitra Sekuritas kepada Pasardana.id, di Jakarta, Selasa (11/7/2017).

Dijelaskan, beberapa sentiment negative masih mengikuti fundamental dalam negeri, salah satunya adalah revisi tingkat pertumbuhan dan melebarnya deficit transaksi berjalan.

Tentu hal ini akan mendorong Pemerintah untuk mencari pendanaan yang lain, salah satunya adalah menambah lagi penerbitan SBN.

“Bila Pemerintah mencari pendanaan lain menggunakan SBN dengan nilai cukup tinggi, hal ini sedikit banyak akan menekan kenaikkan harga obligasi,” terang Nico.

Sementara itu, lelang hari ini akan menjadi pertemuan yang menarik, antara kebutuhan uang akan deficit melawan tingginya imbal hasil yang diminta.

 “Tenor pendek dan panjang akan menjadi pilihan yang tepat bagi investor saat ini. Kami merekomendasikan beli hari ini serta ikuti lelang,” tandas Nico.