ANALIS MARKET : Indeks di Bursa Asia Hari Ini Masih Akan Bergerak Bervariasi

foto : istimewa

Pasardana.id - Kemungkinan indeks di bursa Asia hari ini masih akan bergerak bervariasi terlihat dari indeks futures-nya yang â€Ã‹Å“mixedâ€Ã¢â€ž¢.

Lana Soelistianingsih, Chief Economist and Head of Research Samuel Aset Manajemen menyebutkan, pagi ini sebagian besar mata uang Asia dibuka melemah terhadap USDolar yang bisa menjadi sentimen pelemahan rupiah hari ini ditambah dengan harga minyak mentah yang dibuka turun pagi ini.

“Kemungkinan rupiah bergerak di kisaran antara Rp.13.315 sampai dengan Rp.13.320 per USD,†terang Lana dalam paparan riset hariannya yang dilansir dari laman resmi Samuel Aset Manajemen, Rabu (03/5/2017).

Lebih lanjut diungkapkan, angka inflasi April 2017 tercatat 0,09% mom atau 4,17% yoy (year on year), dan secara kumulatif Januari-April tercatat 1,28% ytd (year to date).

Inflasi terjadi di hampir semua kelompok pengeluaran kecuali bahan makanan yang tercatat deflasi. Kenaikan tertinggi masih terjadi pada komponen harga-harga yang diatur pemerintah, sedangkan inflasi inti masih relatif rendah.

“Dengan perkembangan ini kemungkinan angka inflasi 2017 akan diatas asumsi pemerintah 4%, sedangkan ekspektasi SAM sebesar 4,38% yoy,†ujar Lana.

Sementara itu, lanjut dia, ketegangan di semenanjung Korea tampaknya akan semakin terekskalasi seiring dengan rencana The Pentagon, AS yang akan melakukan uji coba pertahanan untuk memotong intercontinental ballistic missile yang dikembangkan oleh Korea Utara dan berencana ditembakkan ke AS. Uji coba pertahanan tersebut akan dilakukan pada akhir Mei atau awal Juni mendatang.

“Ketegangan ini dikawatirkan bisa mempengaruhi sentimen keamanan di Asia,†tandas Lana.