AFI Prediksi Kenaikan Gerai Waralaba

foto : istimewa

Pasardana.id - Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) menyebutkan, hingga saat ini terdapat sekitar 40 ribu gerai waralaba di Indonesia. Jumlah ini diprediksi akan bertambah dengan kemunculan sejumlah waralaba lokal.

“Konsep bisnis waralaba di Indonesia berupaya mengakomodasi sejumlah wirausaha lokal, sehingga akan ikut menggerakkan perekonomian rakyat di daerah," kata Anang Sukandar, Ketua Emeritus AFI di Jakarta, kemarin.

Menyikapi kondisi tersebut, AFI akan menyelenggarakan pameran Info Franchise dan Business Concept (IFBC) 2017 di delapan kota, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Semarang, Makassar, Balikpapan, dan kembali ke Jakarta.

Sejumlah usaha ritel hadir dalam acara tersebut, antara lain; Indomaret, Alfamart, RJ Steel, Toserba Elektrik, Ikonic, Golden Telur, dan Civilindo Distro.

Dari usaha kuliner akan terdapat Air Minum Biru, Kedai 27, INA Cookies, Bakso Cilok, Ladifa Cookies, dan Bakso Desa. Selain itu, Hot Kebab, Bakmi Naga Resto, Samwon Group, Mie Kota Batavia, Crispyku Fried Chicken, Cam Caw, Coffee Toffee, dan Yagami Ramen House.

Adapun untuk usaha jasa pengiriman barang juga dikabarkan tampil, yakni; Lion Parcel, Grup Tiki Bandung, dan NCS Ekspress.

Begitupula usaha pendidikan, para pengunjung pameran dapat mengunjungi usaha Bimbel Ranking, Eye Level Education, Newton Education, UC MAS I-Math, dan LPIK ITB.

Pembukaan IFBC berlangsung di Bandung, Jawa Barat pada tanggal 7-9 April 2017 yang merupakan pameran ke-135.

Pameran ini akan dibuka oleh Ketua Emeritus AFI dan Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Sejumlah pengusaha yang tegabung dalam Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi), dan para komunitas pengusaha Indonesia juga direncanakan hadir dalam acara tersebut.