BNP Paribas Optimis dengan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

foto : istimewa

Pasardana.id - Direktur dan Head of Equity PT BNP Paribas Investment Partners (BNPP IP), Aliyahdin Adi mengaku optimis terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Ia menilai, perekonomian Indonesia pada kuartal pertama 2017 telah berangsur membaik dengan perkiraan target pertumbuhan yang berada di kisaran 5,05 persen secara tahunan. Hal itu tercermin dengan suksesnya program Tax Amnesty yang berakhir pada akhir Maret 2017 lalu, yang berhasil menghimpun Rp147 triliun.

“Kami melihat perekonomian Indonesia akan berangsur membaik, dengan laju pertumbuhan ekonomi yang semakin pesat di tahun 2017," ujar Adi di Jakarta, Kamis (06/4/2017).

Sementara itu, sentiment dari faktor eksternal yakni dari Amerika Serikat (AS), termasuk kenaikan suku bunga acuan AS dinilai tidak akan terlalu berdampak pada pasar modal Indonesia.

Berdasarkan pengamatan BNPP IP, menurut Adi, sejauh ini dampak yang ditimbulkan oleh pasar global cenderung tak berlangsung lama.

“Perekonomian Indonesia juga menunjukan tanda-tanda perbaikan, yang tercermin melalui meningkatnya pertumbuhan cadangan devisa luar negeri Indonesia sebesar 13 persen menjadi USD114 milliar," jelasnya.

Adapun nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat relatif stabil di kisaran Rp12.950 hingga Rp13.700 pada satu tahun terakhir, dan ditutup di level Rp13.473 pada akhir tahun 2016.

Selain itu, aliran dana asing ke pasar obligasi pemerintah Indonesia juga meningkat 17,7 persen mencapai Rp692 triliun.