Produsen Alat Musik Ini Bakal Lepas 30% Saham Baru Lewat IPO

foto : istimewa

Pasardana.id - PT Samick Indonesia berencana menerbitkan saham baru dan 30% diantaranya ditawarkan kepada publik melalui initial public offering (IPO). Untuk memuluskan rencana tersebut, produsen alat musik tersebut mengelar paparan terbatas dihadapan manajemen Bursa Efek Indonesia (BEI).

Hal itu disampaikan Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Samsul Hidayat di Jakarta, Selasa (4/4/2017).

"Yang melakukan mini expose untuk IPO adalah PT Samick Indonesia dan berencana melepas 30% saham baru," kata dia.

Untuk diketahui produsen piano dan gitar itu, memiliki ekuitas Rp400 miliar dan untuk mendapatkan pernyataan pre-efektif akan menyampaikan prospektus dengan laporan keuangan yang berakhir pada 31 Desember 2016.

Adapun rencana penggunaan dana hasil IPO, 12% akan digunakan untuk pembayaran utang yang jatuh tempo atau refinancing, 70% digunakan untuk modal kerja dan 18% belanja modal.

Selanjutnya, perseroan menunjuk PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia, PT CIMB Sekuritas Indonesia dan PT Bahana Sekuritas selaku penjamin pelaksana emisi efek.

Jika mengacu pada laman resmi perusahaan, eksportir piano dan gitar terbesar di dunia itu, memproduksi lebih dari 22.000 unit piano dan 296.000 unit gitar sepanjang tahun 2016.

Sedangkan negara tujuan ekspor terdiri dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Korea Selatan, Republik Rakyat China, Jepang, Australia, Rep. Islam Iran, Republik Federal Jerman dan banyak lagi negara lainnya.