5 Persen Laba Bersih Tahun 2016 DSNG Ditetapkan Sebagai Dividen

foto : istimewa

Pasardana.id - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG) sepakat membagikan dividen dari laba bersih tahun buku 2016, dengan ratio dividen pay out sebesar 5%.

Direktur Utama Perseroan, Andrianto Oetomo mengatakan, perseroan mengalokasikan sebagian laba 2016, atau sekitar Rp 52,3 miliar untuk dividen. Besaran per sahamnya adalah Rp 5 per saham. Sementara sisa laba bersih pada tahun lalu sebagai laba ditahan.

"Laba ditahan tersebut nantinya akan kami gunakan untuk memperkuat modal kerja dan investasi perseroan," ujar Andrianto di Jakarta, Jumat (31/3/2017).

Dalam RUPST hari ini, jelas Andrianto, pemegang saham telah menyetujui dan mengesahkan laporan tahunan perusahaan di sepanjang tahun 2016.

Alhasil, sebagian laba bersih perusahaan yang berhasil dihimpun pada tahun lalu bakal dibagikan untuk dividen. 

Untuk diketahui, perseroan pada tahun 2016 lalu, mencatat penjualan sebesar Rp 3,94 triliun, atau turun sekitar 10,9% jika dibandingkan dengan realisasi penjualan perusahaan pada tahun sebelumnya.

Dari total penjualan itu, industri kelapa sawit memberikan kontribusi sebesar Rp 3,0 triliun atau 75% dari total penjualan.

Menghadapi beberapa tantangan akibat musim kering yang berkepanjangan dan masih lesunya ekonomi global, perseroan berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 252 miliar dan penghasilan komprehensif tahun berjalan tercatat sebesar Rp 251,4 miliar.