Bain Capital Targetkan Listing Unit Bisnis Mikrochip Toshiba dalam Waktu Tiga Tahun

foto: istimewa

Pasardana.id - Perusahaan ekuitas swasta Amerika Serikat Bain Capital LP pada Kamis (10/5/2017) menyatakan akan melakukan listing unit mikrochip Toshiba Corp di Bursa Efek Tokyo dalam waktu tiga tahun ke depan, untuk mendapat keuntungan dari melakukan akuisisi terhadap unit bisnis tersebut dengan dana mencapai US$18 miliar.

Konsorsium yang dipimpin Bain telah melakukan penandatanganan perjanjian pembelian pekan lalu.

Dalam konferensi pers pertama setelah penandatanganan dilakukan, seperti diwartakan Reuters, kepala Bain Capital di Jepang Yuji Sugimoto pada Kamis mengatakan Bain berharap unit bisnis mikrochip yang diakuisisi dapat mencapai stabilitas melalui kerjasama dengan Apple Inc yang merupakan anggota konsorsium.

Bain juga berharap dapat menuntaskan perselisihan hukum terkait transaksi yang dilakukan dengan Western Digital Corp yang merupakan mitra bisnis Toshiba. Bain telah mendaftarkan persetujuan antitrust di Tiongkok sehari setelah penandatanganan.

Toshiba meninginginkan proses penjualan unit mikrochipnya tuntas pada akhir tahun fiskal perusahaan yang jatuh Maret mendatang. Toshiba berencana untuk menggunakan dana yang diperoleh dari Bain untuk menghindarkan diri dari kebangkrutan dan kemungkinan mengalami delisting.