ANALIS MARKET : IHSG Cenderung Melemah Terbatas, Cermati Aksi Profit Taking

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Riset harian OSO Securities memperkirakan, hari ini indeks harga saham gabungan (IHSG) berpeluang adanya taking profit dengan kecenderungan melemah terbatas.

Secara teknikal RSI dan stochastic bergerak ke area overbought serta MACD masih bergerak positif.

“Kami perkirakan IHSG akan bergerak di kisaran 5,918 - 5,975," sebut analis OSO Securities, yang dilansir dari laman resminya, Kamis (05/10/2017). 

Sementara itu, indeks utama bursa AS ditutup naik terbatas pada perdagangan semalam (04/10), dimana indeks Nasdaq naik 0.04% ke level 6,534.63, Dow Jones naik 0.08% ke level 22,660.19 dan S&P terangkat 0.12% ke level 2,537.71. 

Terbatasnya pergerakan tersebut dikarenakan adanya kekhawatiran pelaku terkait dampak dari adanya pemotongan pajak yang akan membuat defisit tahunan AS melebar. 

Saat ini hutang AS sudah melebihi USD 20 triliun serta defisit anggaran tahunan senilai USD 550 miliar. Adapun jika pemotongan pajak ini terjadi maka akan ada penurunan tajam terhadap pendapatan Federal sebesar USD 6 triliun, dimana hal ini akan membuat defisit tahunan Negara semakin meluas. 

Sementara itu, dari pasar komoditas harga minyak mentah turun 0.87% ke level 49.98.

Berdasarkan data yang dirilis pada hari Rabu kemarin, pasokan minyak AS mengamai penurunan akan tetapi jumlah produksi Oil serpih dan ekspor minyak mentah naik menjadi 1.98 juta bph (EIA), dengan adanya peningkatan produksi dan ekpor tersebut maka dapat merusak upaya OPEC dalam mengurangi pasokan minyak Global.