Tiongkok Pimpin Pembayaran Mobile di Asia Pasifik

foto: istimewa

Pasardana.id - Tiongkok memimpin pembayaran mobile di kawasan Asia Pasifik pada 2016 lalu. Dalam laporan yang dirilis perusahaan pembayaran online PayPal Inc pada Rabu (25/10/2017), seperti diwartakan Xinhua, nilai total transaksi pembayaran mobile di Negeri Panda mencapai US$5,5 triliun tahun lalu, jauh lebih tinggi dari negara-negara Asia Pasifik lainnya.

PayPal juga melakukan survei terhadap 4.000 konsumen dan 1.400 merchant di Asia Pasifik. Sekitar 750 konsumen dan 200 merchant berasal dari Tiongkok.

Sekitar 86 persen dari konsumen Tiongkok menggunakan pembayaran mobile, jauh lebih tinggi dari rata-rata konsumen Asia yang hanya mencapai 58 persen. Para merchant menyebut diuntungkan dengan pembayaran mobile bila dibandingkan tunai dan berlangsungnya transaksi finansial elektronik daripada transaksi manual.

PayPal telah mengembangkan kerjasama strategis dengan Alibaba, Baidu, dan China Unionpay untuk membantu konsumennya di Tiongkok dalam melakukan pembayaran mobile lintas perbatasan (cross-border).