MDRN Bakal Tukar Saham Dengan Peternakan Sapi

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Modern Internasional Tbk (MDRN) akan menerbitkan Obligasi Wajib Konversi (OWK) sebagai alat pembayaran atas pengambilalihan dan pengoperasian PT Nusantara Agri Sejati (Target) yang bergerak dalam usaha sapi perah dan pengolahan susu.

Presiden Direktur MDRN, Sungkono Honoris menyampaikan, OWK akan menjadi subordinasi terhadap seluruh kewajiban perseroan dan tidak akan membayar secara tunai atas pengambilalihan Target.

“Saham dalam Target akan disumbangkan pada perseroan tanpa diperlukan pembayaran tunai sebagai perjanjian kontribusi," ungkap Sungkono dalam keterbukaan informasi perseroan pada laman Bursa Efek Indonesia, Jumat (20/10/2017).

Lebih lanjut dijelaskan, perseroan telah menunjuk penilai publik pada tanggal 17 Oktober 2017 untuk melakukan penilaian atas transaksi tersebut.

Dan karena transaksi ini merupakan transaksi afiliasi, maka akan mengacu pada ketentuan yang tercantum dalam peraturan Bapepam No IX.E.1 tentang transaksi afiliasi dan benturan kepentingan transaksi tertentu.

Ditegaskan, transaksi ini akan dlilakukan tanpa pembayaran tunai, maka tidak ada dampak terhadap kas perseroan. Meski demikian, perseroan memperkirakan, Target akan memberikan tambahan asset dan peluang diversifikasi bisnis.

Menurut Sungkono, langkah ini diambil setelah penutupan seluruh gerai ritel 7-11 yang dioperasikan oleh anak usaha perseroan PT Modern Sevel Indonesia.

“Menyadari bisnis dan aset perseroan tidak mencukupi untuk melunasi kewajiban maka perseroan mendapatkan kontribusi tambahan aset bagi perseroan untuk memfasilitasi restrukturisasi perseroan," jelas Sungkono.