Saham Kobe Steel Kembali Anjlok

foto: istimewa

Pasardana.id - Saham Kobe Steel Ltd kembali anjlok pada Rabu (11/10/2017), setelah terjun bebas 22 persen pada sesi sebelumnya sehubungan pengakuan perusahaan produsen baja ketiga terbesar di Jepang tersebut pada akhir pekan lalu bahwa telah terjadi pemalsuan data untuk menunjukkan produk aluminium dan tembaga perusahaan tersebut memenuhi spesifikasi permintaan konsumen.

Seperti dilaporkan Reuters, saham Kobe Steel anjlok 17,79 persen hari ini setelah munculnya pengakuan baru dari perusahaan tersebut bahwa terjadi fabrikasi data terkait produk serbuk besi yang digunakan sebagai komponen pembuatan gir mobil dan kemungkinan dilakukannya penjualan bisnis properti milik perusahaan.

Industri manfukatur Jepang mengalami kekacauan akibat pengakuan Kobe Steel. Karena material yang dipasok oleh Kobe Steel digunakan untuk memproduksi mobil, pesawat terbang, bahkan juga pesawat luar angkasa dan peralatan pertahanan.

Pemalsuan data yang dilakukan Kobe Steel menjadi goncangan terbaru terhadap perindustrian Jepang yang sebelumnya dianggap selalu menyediakan produk berkualitas tinggi. Belum lama ini, industri otomotif Negeri Sakura telah tercoreng permasalahan kantung udara buatan Takata Corp.