ANALIS : Pasar Obligasi Hari Ini Berpotensi Melemah Terbatas

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Riset harian Indo Mitra Sekuritas menyebutkan, pagi ini pasar obligasi diperkirakan akan dibuka melemah dengan potensi melemah.

Menurut Maximilianus Nico Demus, Head of Research Division PT Indo Mitra Sekuritas, dalam perjalanannya, penguatan harga obligasi harus tertahan karena tertekan oleh keluarnya dana asing dari pasar obligasi dalam negeri dalam kurun waktu 2 minggu sebesar 1.3%.

“Tidak banyak memang, namun secara nominal cukup besar. Hal ini juga yang mendorong Rupiah untuk melemah, meskipun dalam volatilitas yang masih dapat ditoleransi,†jelas Nico kepada Pasardana.id, di Jakarta, Selasa (10/10/2017).

“Namun kalau kita mau bandingkan dengan India, imbal hasil kita masih 0.23% lebih rendah, tentu hal ini menarik bahwa khususnya tahun ini kita bisa konsistensi memiliki imbal hasil rendah dibandingkan India,†sambung Nico.

Ditambahkan, pagi ini kehadiran lelang sukuk dengan kupon tinggi tentu akan menjadi sesuatu yang menarik bagi para pelaku pasar dan investor yang membutuhkan kupon tinggi untuk posisi hold to maturity.

“Kami merekomendasikan jual hari ini dengan volume kecil hingga menengah,†tandas Nico.