Prediksi Apindo, Target Dana Repatriasi Yang Masuk Tidak Akan Tercapai

foto : istimewa

Pasardana.id - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi Sukamdani mengungkapkan, arus dana repatriasi dari program amnesti pajak diprediksi tidak akan mencapai Rp1.000 triliun sesuai dengan target dari pemerintah.

"Paling tidak, Apindo melihat dana yang akan masuk hanya mencapai Rp350 triliun," kata Hariyadi Sukamdani, di Jakarta, Kamis (8/9/2016).

Menurut Hariyadi, para pelaku usaha masih merasa kesulitan dalam mengumpulkan data untuk menjadi peserta dari program amnesti pajak.

Dalam hal ini, Apindo terus mendukung upaya pemerintah termasuk mengapresiasi berbagai macam aturan dan instrumen yang sudah dikeluarkan terkait kesuksesan program ini.

"Pergerakan sangat cepat dan kelengkapan peraturan ini kita sambut baik. Tapi kami khawatirkan penumpukan di akhir September ini," ujar Hariyadi.

Dilansir dari situs resmi Direktorat Jenderal Pajak, tercatat total uang tebusan tax amnesty hingga hari ini, Kamis (8/9/2016) per pukul 18.05 WIB, baru mencapai Rp7,32 triliun atau 4,4 persen dari target Rp165 triliun selama sembilan bulan penerapan tax amnesty.

Sementara itu, jumlah deklarasi harta dari program tax amnesty atau pengampunan pajak yang masuk hingga hari ini mencapai Rp324 triliun.

Adapun surat pernyataan harta yang disampaikan dalam program tax amnesty ini meningkat dari sebelumnya, menjadi 42.323 surat.

Dari sejumlah deklarasi harta yang dilaporkan sebesar Rp324 triliun meliputi deklarasi luar negeri Rp68,6 triliun dan Rp240 triliun deklarasi dalam negeri. Sisanya Rp15,6 triliun merupakan repatriasi.

Sementara itu, dari total uang tebusan tax amnesty yang mencapai sebesar Rp7,32 triliun berasal dari orang pribadi non-UMKM Rp6,13 triliun, badan non-UMKM Rp800 miliar, orang pribadi UMKM Rp375 miliar dan badan UMKM Rp14,5 miliar.