Obligasi Global Lippo Karawaci Dalam Instrumen Notes Dapat Rating BB- dari Fitch

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Obligasi global (global bond) yang akan diterbitkan PT Lippo Karawaci Tbk senilai US$100 juta dengan bunga 7 persen, dan jatuh tempo pada 2022, mendapat rating BB- dari lembaga Fitch Ratings.

Obligasi global dalam instrumen notes ini, akan diterbitkan oleh anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki Lippo, Theta Capital Pte Ltd, dan dijamin oleh perseroan dan anak usahanya.

"Notes tersebut dinilai pada tingkat yang sama seperti rating Lippo karena mewakili obligasi yang tanpa syarat, tanpa jaminan kewajiban perusahaan. Peringkat final pada notes bergantung pada diterimanya dokumen akhir sesuai dengan informasi yang telah diterima," jelas Analis Utama Fitch, Hasira De Silva, dalam keterangan resmi, Senin (8/8/2016).

Dijelaskan, notes tersebut akan menjadi bagian dari seri yang sama seperti obligasi global US$150 juta dengan bunga 7 persen yang juga jatuh tempo pada 2022. Notes itu juga diganjar rating BB-.

Lippo berencana menggunakan dana hasil penerbitan untuk membayar obligasi global senilai US$250 juta berbunga 7 persen, yang jatuh tempo di tahun 2019.

Hasira menambahkan, pra penjualan Lippo melambat. Lippo hanya mencatat pra penjualan Rp328 miliar properti perumahan pada kuartal I 2016, penurunan tajam dari Rp1,4 triliun di periode yang sama 2015. 

"Perusahaan menunda peluncuran di semester I 2016 sampai setelah putusan amnesti pajak disahkan. Kami sekarang berharap Lippo untuk menjual sekitar Rp3 triliun properti perumahan sepanjang 2016, yaitu sekitar Rp1,5 triliun lebih rendah dari ekspektasi kami sebelumnya," tandasnya.