Naik 100 persen, BEI Bekukan Saham TPIA

foto : istimewa
Pasardana.id - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menghentikan sementara perdagangan (suspend) saham PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA). Hal itu karena terjadi peningkatan harga yang signifikan dalam 20 hari perdagangan harganya naik 100 persen. 
Menurut Kepala Pengawasan Transaksi BEI, Irvan Susandy bahwa pihaknya memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan saham TPIA untuk cooling down
"Suspend ini berlaku sejak perdagangan tanggal 29 Agustus 2016," ujar Irvan dalam keterangan BEI, di Jakarta, Senin (29/8/2016). 
Ia menjelaskan, suspend itu berlaku pada pasar reguler dan tunai. Diharapkan dengan status itu akan memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar untuk mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasi saham.
"Para pihak yang berkepentingan diharapkan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan perseroan," harap dia. 
Untuk diketahui, saham emiten produsen bahan kimia itu mulai naik harganya sejak tangal 28 juli 2016, dengan dibuka pada level 5400 dan ditutup pada level 6000. Kemudian TPIA terus mendaki hingga ke level 10.500 di tanggal 26 Agustus 2016.