Pengampunan Pajak Untuk Semua

foto : istimewa

Pasardana.id - Program pengampunan pajak bukan hanya untuk pengusaha saja. Namun, ini juga bisa diikuti masyarakat.

"Masyarakat atau wajib pajak bisa tertarik untuk mengikuti program ini di periode pertama," kata Rosan Perkasa Roeslani, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Pengusaha diminta melaporkan harta bendanya secepatnya. Dana ini diharapkan dapat menunjang pembangunan nasional untuk kesejahteraan.

"Dana yang ditarik dan dideklarasikan akan dialokasikan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, memperkuat nilai tukar rupiah, serta memperkokoh fundamental ekonomi," jelasnya.

Program pengampunan pajak harus dimanfaatkan sektor riil. Karena, apabila itu tidak dilakukan, maka kebijakan tax amnesty ini hanya aliran modal masuk saja.

"Dana tersebut dapat masuk ke berbagai program yang dijalankan pemerintah, misalnya infrastruktur," kata Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Juda Agung di Jakarta, belum lama ini.

Diperkirakan, dana repatriasi dari pengampunan pajak akan menyumbang pertumbuhan ekonomi sebesar 2%-3% pada 2017. Namun, angka ini juga masih ditentukan permintaan kebutuhan seperti infrastruktur, ekspansi usaha, konsumsi, dan properti.