Ini Dia Tips Nyaman Ikutan Program Tax Amnesty

foto : istimewa

Pasardana.id - Antusiasme masyarakat untuk mengikuti program tax amnesty terlihat dari banyaknya wajib pajak (WP) yang sudah mendeklarasikan asetnya.

Agar wajib pajak tidak mengalami kesulitan untuk mengikuti program ini, Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang P.S. Brodjonegoro membagikan beberapa tips yang memudahkan wajib pajak mengikuti program Amnesti Pajak ini.

Dilansir dari laman resmi Kemenkeu, Jumat (22/7/2016) Bambang menyebutkan, untuk tips pertama, agar terhindar dari antrean panjang, peserta Amnesti Pajak dapat memanfaatkan layanan help desk yang telah disediakan untuk berkonsultasi dan memperoleh formulir pendaftaran Amnesti Pajak.

Menkeu menguraikan, layanan help desk tersedia baik di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat, website Direktorat Jenderal Pajak (DJP), maupun call center.

Tips kedua, setelah selesai mengisi formulir dan meyakini semua data yang di isi sudah akurat, peserta Amnesti Pajak dipersilakan datang ke bagian pendaftaran Amnesti Pajak di KPP terdekat.

Ketiga, setelah mendaftar pada KPP terdekat dan memperoleh surat konfirmasi bahwa formulir Wajib Pajak sudah diterima oleh KPP, peserta akan memperoleh surat pernyataan Amnesti Pajak.

"Insya Allah prosesnya akan cepat, setelah surat konfirmasi bahwa formulir Bapak Ibu sudah diterima oleh Kantor Pelayanan Pajak, sepuluh hari kemudian paling lambat, surat pernyataan untuk Amnesti Pajak ini sudah keluar," ungkap Menkeu.

Ditambahkan, setelah menerima surat pernyataan Amnesti Pajak, sesuai dengan motto amnesti pajak yakni 'ungkap, tebus, lega', peserta dapat menjalankan usahanya secara lebih tenang.

Sebelumnya, Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo menyebutkan, wajib pajak yang sudah mendeklarasikan asetnya melalui kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty mencapai Rp100 miliar. Laporan tersebut didapatkannya pada Rabu, 21 Juli pagi.