UU Tax Amnesty Berlaku untuk Semua Wajib Pajak

foto : istimewa

Pasardana.id - Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro menegaskan kebijakan pengampunan pajak berlaku untuk semua Wajib Pajak (WP).

"Ini berlaku kepada semua orang, tidak hanya pembayar pajak besar, juga termasuk pembayar pajak kecil," kata Bambang, dalam jumpa pers sosialisasi kebijakan pengampunan pajak di Jakarta, Rabu (29/6/2016).

Meskipun demikian, jelas Bambang, ada tiga kriteria WP yang tidak boleh mengikuti pengampunan pajak, yaitu; mendapatkan penyidikan, dalam proses peradilan dan menjalani hukuman pidana, seluruhnya atas tindak pidana di bidang perpajakan.

Lebih lanjut Bambang mengungkapkan, kebijakan UU Pengampunan Pajak (Tax Amnesty) ini dirumuskan pemerintah untuk mengembalikan aset pada WP di luar negeri, agar repatriasi modal bermanfaat untuk mendorong peningkatan likuiditas domestik serta pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, menurut dia, pengampunan pajak memiliki manfaat untuk perluasan data perpajakan agar lebih valid dan terintegrasi serta meningkatkan penerimaan negara dari sektor pajak.

"Kita ingin mengembalikan aset orang Indonesia di luar dan hanya bisa dilakukan secara sukarela, karena kalau dipaksa bisa dianggap capital control yang berlebihan, maka supaya WP mau perlu insentif pengampunan pajak," tandas Bambang.