Menko Perekonomian : Brexit Sedikit Berpengaruh Kepada Pasar Keuangan Global

foto : istimewa

Pasardana.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menilai langkah masyarakat Inggris yang memilih untuk keluar dari Uni Eropa (Brexit) sedikit berpengaruh kepada pasar keuangan global dan menimbulkan gejolak kecil terhadap pergerakan bursa saham dunia, yang secara tidak langsung ikut berpengaruh ke Indonesia.

Ditambahkan, hasil referendum tersebut juga cukup mengejutkan karena sebelumnya sudah terlihat hasil polling, bahwa yang menang adalah yang 'stay' di UE.

"Kejutan itu memang membuat dampak gejolak sedikit lebih besar. Sehingga kami melihat baik di pasar uang, pasar modal, apalagi di pasar nilai tukar berbagai negara terjadi pergerakan," ujarnya.

Darmin pun menjamin kondisi perekonomian akan tetap terjaga dengan baik, dan pemerintah bersama Bank Indonesia selalu berkomunikasi untuk mengambil langkah yang diperlukan agar situasi tetap terkendali terhadap gejolak eksternal.

Sementara itu, Analis pasar uang Lukman Leong menilai, tekanan mata uang seperti rupiah terhadap dolar AS akibat referendum Inggris yang menghasilkan keputusan untuk keluar dari Uni Eropa (Britain to Exit/Brexit) hanya berlangsung sementara.

"Hasil referendum Inggris itu menambah ketidakpastian sentimen mengingat kenaikan suku bunga AS (Fed fund rate) juga belum ada sinyal kapan direalisasikannya," tandasnya.