Presiden Minta Paket Kebijakan Ekonomi di Evaluasi Menyeluruh

foto : istimewa

Pasardana.id - Sekretaris Kabinet, Pramono Anung dalam jumpa pers usai rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (9/5/2016) petang, mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta evaluasi menyeluruh terhadap Paket Kebijakan Ekonomi I hingga XII dengan melibatkan berbagai pihak terutama kalangan dunia usaha.

"Presiden meminta segera dilakukan evaluasi secara menyeluruh seluruh paket kebijakan ekonomi itu dengan melibatkan Kadin, Hipmi, pelaku usaha, dan juga regulator, untuk melihat hambatan di berbagai hal yang dilakukan," kata Pramono.

Pemerintah, lanjut Pramono, juga akan melanjutkan Paket Kebijakan Ekonomi XII yang isinya mengenai kemudahan berusaha. Dalam hal ini, Pemerintah akan membuat acuan dengan mengambil contoh negara-negara yang menempati peringkat satu hingga 30.

Adapun penilaian peringkat kemudahan berusaha untuk Indonesia dilakukan dengan mengambil daerah DKI Jakarta dan Surabaya.

"Jika dua kota ini sudah berhasil maka akan dijadikan sebagai model atau contoh yang akan diterapkan di daerah lain," kata Pramono.

Ditambahkan, Presiden juga menginstruksikan Menko Perekonomian dan BKPM untuk memantau seluruh proses perbaikan apakah sudah sesuai dengan rencana. 

"Dengan berbagai langkah itu diharapkan peringkat kemudahan berusaha Indonesia akan turun dari 109 ke 40," tandas Pramono.