Facebook Gunakan Dana US$12 Juta untuk Menjaga Keselamatan Zuckerberg

foto: istimewa

Pasardana.id - Facebook tidak main-main dalam menjamin keselamatan CEO sekaligus pendiri perusahaan, Mark Zuckerberg. Dana US$12 juta, sekitar Rp156 miliar, telah digunakan untuk melindungi Zuckerberg.

Jumlah dana tersebut adalah yang tertinggi dari antara emiten yang tercatat di bursa efek Amerika Serikat dan indeks Standard & Poor's. "Biaya tersebut digunakan untuk mengatasi masalah keamanan terhadap pendiri perusahaan," ungkap pernyataan yang dikeluarkan Facebook, seperti dilansir Bloomberg.com, Senin (2/5/2016).

Dalam beberapa tahun terakhir, Facebook terus meningkatkan biaya pengamanan Zuckerberg. Pada 2013 dana yang dikeluarkan mencapai US$2,65 juta, sedangkan pada 2014 sebesar US$5,6 juta.

Dana yang dikeluarkan Facebook jauh lebih besar dari perusahaan-perusahaan lainnya di AS. Misalnya saja, menurut data yang dimiliki Bloomberg, Oracle hanya mengeluarkan dana US$1,53 juta untuk pengamanan terhadap CEO Larry Ellison pada 2015. Sedangkan amazon.com menggunakan dana sebesar US$1,6 juta dollar dalam proses pengamanan CEO Jeff Bezos.

Facebook mengumumkan jumlah dana keamanan setelah Securities and Exchange Comission AS mempertanyakan tidak terdaftarnya biaya keamanan Zuckerberg dalam pengajuan sebagai prasyarat kena pajak. 

Juru Bicara Facebook Jonathan Thaw menyebut biaya besar yang dikeluarkan memang sudah kewajiban perusahaan, karena sebagai seorang CEO, Zuckerberg harus mendapat pengamanan ekstra demi kelangsungan bisnis perusahaan.

Besarnya biaya keamanan Zuckerberg disebabkan kualitas sistem keamanan yang diterapkan di kediamannya di San Francisco. Ia juga dijaga keselamatannya oleh agen keamanan yang pernah melakukan pengawalan terhadap Presiden AS Barack Obama.