Pengetahuan Pembiayaan KPR Syariah Minim

foto : istimewa

 Pasardana.id - Banyak pengembang belum menggunakan pembiayaan kredit perumahan rakyat (KPR) berbasus syariah. Karena, pembiayaan ini belum diketahui mereka secara penuh.

ââÅ¡¬ÃƒÆ’…Mereka masih mempertanyakan apakah KPR syariah ini sudah memenuhi prinsip syariah,ââÅ¡¬ kata Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sholahudin Ayubi, di Jakarta, baru-baru ini.

Perbankan dan perusahaan pembiayaan juga belum menawarkan pembiayaan syariah sebagai pilihan KPR kepada masyarakat. ââÅ¡¬ÃƒÆ’…Banyak orang belum mendapat pemahaman pembiayaan syariah,ââÅ¡¬ ucapnya.

Apalagi, pembiayaan syariah belum memunculkan banyak pilihan bagi masyarakat. Jadi, suatu inovasi perlu dilakukan bank dan perusahaan pembiayaan.

ââÅ¡¬ÃƒÆ’…Saat ini sudah ada skema pembiayaan kredit perumahan syariah dengan murabahah, namun sebagian besar pengembang masih cenderung memilih skema konvensional,ââÅ¡¬ ujar Jeffry Prayana, Group Head Consumer Bank Syariah Mandiri.

Pernyataan tersebut diamini Mantan Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Wandah Hamidah. Kondisi ini membuat masyarakat tidak tertarik dengan pembiayaan syariah. ââÅ¡¬ÃƒÆ’…Yang kita temui itu masih sedikit pilihannya,ââÅ¡¬ ujarnya.

Sementara itu anggapan pembiayaan murabahah kurang dikenalkan kepada masyarakat dibantahnya. Karena, pengetahuan ini sering dicari masyarakat. ââÅ¡¬ÃƒÆ’…Kalau kita cari di Google tentang pembiayaan syariah cukup banyak,ââÅ¡¬ jelasnya.

 

.