XL Axiata akan Terbitkan Right Issue Sebanyak 2,75 Miliar Saham

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Manajemen PT XL Axiata Tbk (EXCL) akan melakukan penawaran umum terbatas atau right issues dengan HMETD (hak memesan efek terlebih dahulu) sebanyak-banyaknya 2,75 miliar saham dengan nilai nominal Rp100 per unit. Setelah right issue tersebut, saham disetor EXCL akan meningkat menjadi 11,29 miliar dari 8,54 miliar saham sekarang ini.

Dalam propektus right issue saham yang diumumkan Senin (1/2), manajemen EXCL mengemukakan, saham-saham tersebut akan ditawarkan sama dengan nilai nominalnya, yaitu Rp100 per unit.

Dari hasil right issue tersebut, EXCL akan memperoleh tambahan modal disetor Rp275 miliar. Dana hasil right issue akan digunakan untuk pembayaran kembali utang kepada pemegang saham yang seluruhnya mencapai US$500 juta.

Menurut manajemen EXCL, pemegang saham pengendali perseroan, yakni Axiata Investments (Indonesia) Sdn. Bhd. berencana akan melaksanakan haknya sesuai porsi bagian kepemilikan sahamnya dalam Penawaran Umum HMETD. Saat ini, Axiata menguasai 66,4% saham EXCL, sedangkan sisanya sebanyak 33,6% dimiliki oleh publik.

Apabila Axiata Investment tidak melaksanakan HMETD yang dimilikinya, maka kepemilikannya di perseroan akan terdilusi maksimal sebesar 8,2%.

Rencana right issue akan terlebih dahulu dimintakan persetujuan pemegang saham dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang dilaksanakan pada 10 Maret 2016.